Minggu, 23 Januari 2011

CARA MENGETAHUI PERHIASAN SILVER ASLI ATAU PALSU

Untuk mengetahui nya sebenarnya sangat mudah.



1. Lihat ada cap S925 atau 925 ngak.
Umumnya perhiasan perak itu ada cap kadar. Liat saja apakah ada cap tersebut atau tidak. Pasti ada yang beratanya bedanya cap S925 dan 925 itu apa. Sebenarnya cap depan 'S' itu artinya Sterling / telah di lapis / krom emas putih. Cuma kadang ada distributor yang ngambil dari pabrik terus krom sendiri. Jadi meski warna nya sudah emas putih tapi cap nya tetap '925'. Jadi cap tersebut tidak ada perbedaan signifikan, karena kita dapat krom ulang sendiri di toko yang menerima jasa krom.

2. Lihat warnanya.
Ini yang agak sulit. Karena biasanya kita sering butuh pengalaman meliat mana warna emas putih dan warna perak asli. Diluar warna itu biasanya kita sudah boleh bertanya-tanya. Sebagai referensi teman-teman dapat merujuk pada post di http://silverforyou.blogspot.com/2010/06/perbedaan-sterling-silver-dan-silver.html

3. Lap pakai kain.
Lap pakai kain, biasanya perak mudah teroksidasi. Kalo kain anda hitam-hitam berarti bisa jadi logam tersebut perak.

4. Bawa ke toko atau tempat gadai.
Ini ud jelas paling mudah. Biasanya toko atau tempat gadai untuk test perak ada yang mengenakan biaya ada juga bagian dari servis kepada konsumen. Biasanya mereka menggunakan asam sitrat untuk menguji perhiasan. Cuma hati-hati... jangan sampai perhiasan anda yang terkena asam sitrat tersebut, karena bisa meninggalkan bekas atau jejak hijau. Umumnya mereka menggunakan batu untuk menggesek perhiasan anda. Disitulah asam sitrat akan ditaro untuk meliat reaksi warna pada batu tersebut. Hampir sama seperti pengujian perhiasan emas.

Demikian cara-cara untuk mengetahui apakah perhiasan perak anda asli atau palsu.Thanks.

3 komentar: